Jakarta - Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA di 11 Provinsi yang seharusnya dilaksanakan Senin, 15 April, ditunda hingga Kamis, 18 April karena soal belum dimasukkan ke dalam amplop. Para siswa diminta belajar lebih giat di sela penundaan ini.

"Hei, siswa, ini diundur lho ya UN-nya. Tolong belajar lebih giat di 3-4 hari itu," kata Mendikbud M Nuh di kantornya, di Senayan, Jaksel, Minggu (14/4/2013).

Meski berbeda waktu pelaksanaan, soal UN dijamin tidak sama dengan provinsi lain yang sudah melaksanakannya. Yang sama hanya kisi-kisi soal saja.

"Kisi-kisinya tetap sama, bahkan tahun ini tidak jauh beda dengan tahun lalu. Matematika misalnya, kalau kuadrat, ya itu saja rumusnya. Tinggal mengubah variasi konstanta dan seterusnya," kata M. Nuh.

Bagi siswa dan keluarga yang sudah berencana berlibur namun terganggu karena pergeseran jadwal UN, Kemendikbud siap menampung keluhan.

"Tentu kalau ada anggota masyarakat yang menggugat, kami akan layani. Tapi jangan ramai-ramai, nanti sudah beli tiket liburan, minta diganti berjuta-juta, jangan," ujarnya.

Sementara untuk siswa yang hendak UN besok, Nuh berpesan agar tetap percaya diri dan tidak menyontek. "Saya doakan semoga adik-adik bisa sukses," pesannya.

11 Provinsi tersebut adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Source : http://news.detik.com/read/2013/04/14/152221/2219841/10/un-sma-di-11-provinsi-mundur-mendikbud-belajar-lebih-giat-ya?9911012

No comments